Ibu Kota Baru Berkonsep Kota Pancasila

Home Artikel Ibu Kota Baru Berkonsep Kota Pancasila

Ibu Kota Baru Berkonsep Kota Pancasila
01 Mei 2019

Ibu Kota Baru Berkonsep Kota Pancasila

NKRI

Gatra.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah telah memiliki konsep desain ibu kota negara yang baru. Rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ini sudah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita punya konsep desain. Kota Pancasila, konsep desain kami," papar Basuki di Jakarta, Selasa (30/4).

"Itu baru konsep desain, tapi putusannya baru pindah kalau itu disepakati oleh seluruh rakyat Indonesia. Itu kan masih panjang, masih harus dengan DPR, bukan diputuskan sepihak, pasti itu harus ada persetujuan DPR," ia menambahkan.

Pembahasan ibu kota baru hingga penetapan lokasi masih membutuhkan waktu yang panjang. "Harus ada persetujuan, harus ada Undang-undang (UU), tidak semudah itu juga, harus dilalui beberapa tahapan termasuk UU, pasti ada UU baru," ucapnya.

Untuk opsi daerah mana yang akan ditetapkan menjadi ibu kota baru Indonesia, terdapat beberapa pilihan. Namun pilihannya harus sesuai dengan kriteria tertentu, misalnya kawasan tidak rawan bencana dan ketersediaan sumber daya alam yang melimpah.

"Pertama yang aman, tidak berada di ring of fire. Kemudian memiliki sumber-sumber daya air kemudian yang mempunyai akses ke pantai walaupun itu tidak harus di tepi pantai, tapi harus punya akses ke pantai karena kita ini negara maritim," tambahnya.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar